Saturday 21 November 2015

Tugas 2 KMO (Komunitas Menulis Online)

MIND MAPPING DAN OUTLINE NOVEL MINI



A. Mind Mapping






B. Outline Novel :

Judul : Surya (bukan) Untuk Rembulan
Genre : Teenlit
Sasaran Pembaca : Remaja anak Sekolah Menengah – Mahasiswa
Jumlah Halaman : 200
Waktu Penulisan : 2 bulan (Januari-Februari 2016)


I. Sinopsis

Sinopsis : Kisah percintaan remaja selalu menarik untuk dituliskan, seperti tak pernah habis dikupas.  Ada yang berakhir bahagia seperti kisah dongeng, pun tak jarang menguras air mata. Hal konyol pun kerap terjadi ketika seseorang sedang jatuh cinta. Seperti kata pepatah, perasaan cinta tak pernah berbanding lurus dengan logika.

Kanti, nama lengkapnya Candrakanti. Perempuan 22 tahun ini memiliki kehidupan yang hampir sempurna.  Keluarga , pekerjaan, bahkan kekasih yang siap melamarnya. Semua yang dimiliki Kanti seringkali membuat iri teman-temannya.

Kehidupan Kanti sejauh ini berjalan baik,  hingga suatu  saat ia tanpa sengaja bertemu dengan Thama, teman khayalan dalam masa lalunya. Seseorang yang beberapa tahun silam selalu ada, menemani ketika kesepian. Melindungi saat terancam. Berbagai hal dilewati bersama. Selalu berbagi cerita. Thama menjadi buku diary hidup yang bisa ditulis kapan seja ketika Kanti membutuhkan, begitu juga sebaliknya.  Kegemaran yang sama dalam bidang music membuat mereka berdua memiliki banyak hal untuk dibicarakan.  Makin lama makin dekat, namun tanpa terikat. Tidak ada ungkapan cinta, meski mungkin dalam hati saling merasa. Kanti menemukan kenyamanan ketika ia berbicara dengan Thama. Dan bagi Thama, Kanti adalah satu-satunya wanita yang mampu meluluhkan sifat kerasnya. Begitulah mereka.

Tapi itu dulu. Karena satu hal, Kanti dan Thama tak lagi berkomunikasi. Waktu berlalu, mereka menjalani kehidupan masing-masing. Dan saat Kanti sudah akan memantapkan hati untuk menjalani hubungan yang lebih serius, ia justru kembali dipertemukan dengan Thama. Apa yang akan dilakukan oleh Kanti?  Kembali larut dalam cerita bersama Thama atau menjemput masa depan dengan kekasihnya?

II. Isi Novel :

BAB 1 (Pertemuan)
·         Menceritakan tentang pertemuan antara Kanti, Thama, dan juga Rama yang tanpa disengaja .Kanti dan Thama lebih dulu kenal. Sedangkan Rama hanya mengamati Kanti dari Jauh namun sudah mulai memperhatikan. Rama mencari tahu segala sesuatu tentang Kanti. Di cerita sudah dibahas sekilas tentang kehidupan Kanti baik itu dirumah maupun di kampus.

BAB 2 (Nama yang aneh)
·         Kanti dan Thama saling memperkenalkan diri. Menceritakan hobi dan hal-hal yang sering dilakukan oleh masing-masing. Berdebat tentang apa saja yang bisa diperdebatkan. Merasa saling cocok.  Menceritakan kedekatan antara Kanti dan Thama yang mulai terjalin meskipun hanya sekedar lewat telepon. Sampai akhirnya mereka bertemu. Hubungan mereka tak lebih dari sekedar teman.

BAB 3 (Rumah kaca)
·         Di bab ini digambarkan tentang proses bagaimana Kanti menjadi semakin dekat dengan Thama. Diselingi dengan kehidupan pribadi Kanti. Di sisi lain Rama masih saja terus mencari informasi tentang Kanti.

BAB 4 (Aku dan Kamu)
·          Kanti mulai merasakan kenyamanan berada di sisi Thama. Mereka menjalani hubungan tanpa status. Merasa saling memiliki dan saling member perhatian. Thama pun demikian. Tidak ada orang lain yang lebih mengerti dirinya selain Kanti.

BAB 5 (Jeda)
·           Bab ini menceritakan tentang Kanti dan Thama yang mulai jarang berkomunikasi akibat kesibukan masing-masing.  2 Tahun berlalu, lama-kalamaan mereka benar-benar lepas kontak. Pada saat inilah Rama muncul. Menyatakan perasaannya yang terpendam selama ini.  Dan Kanti yang masih sendiri semenjak berhenti berhubungan dengan Thama bingung bagaimana ia harus bersikap kepada Rama, Kanti tidak ingin mencari pelarian. Ia meminta untuk diberi waktu. Dan mereka pun mulai menjalani hari-hari berdua. Rama adalah orang yang romantis. Ia rela melakukan apapun untuk Kanti. Kanti pun luluh. Rama bahagia karena akhirnya orang yang dicintainya selama ini menerima cintanya.

BAB 6 (Awal bukan akhir)
·         Sekilas kehidupan pribadi muncul ditayangkan. Yaitu saat  Kanti Wisuda . Muncul gambaran tentang kebersamaan Kanti dengan teman-temannya. Acara wisuda Kanti dihadiri oleh keluarga dan tentu saja Rama.

BAB 7  (Dihantui Kenangan)
·         Kenangan Kanti dan Thama diceritakan di bab ini, tentang lagu-lagu dan tempat tempat yang sering dikungjungi. Ini bentuknya berupa mimpi. Apa yang pernah mereka jalani dulu muncul dalam mimpi Kanti.

BAB 8 (Semua Tak Sama)
·         Kanti merasakan hubungannya dengan Rama kian hambar. Meskipun Rama menghujaninya dengan begitu banyak cinta. Thama tak tergantikan.

BAB 9 (Terbaik Untukku)

·       Kanti memutuskan untuk memilih yang terbaik bagi dirinya. Kanti hanya ingin jujur terhadap dirinya sendiri. 

0 comments:

Post a Comment